Pratama Arhan Anak Petani yang Jadi Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020, Inspiratif

Pratama Arhan Anak Petani yang Jadi Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020, Inspiratif

JAKARTA – Pratama Arhan dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Piala AFF 2020. Prestasi ini menjadi kebanggaan tersendiri meski Timnas Indonesia gagal membawa pulang Piala AFF 2020.

Pratama Arhan keluar sebagai pemenang dengan perolehan suara terbanyak yakni 60.122, mengalahkan rekan setimnya, Witan Sulaeman dan Alfeandra Dewangga yang berada di posisi kedua dan ketiga.

Sementara itu, Thanawat Suengchitthawon dari Thailand dan Sieng Chanthea dari Kamboja ada di posisi keempat dan kelima.

Baca juga:

Pemain PSIS Semarang itu juga dikenal sebagai pemain yang memiliki lemparan ke dalam terjauh. Arhan terbukti menjadi ancaman nyata bagi lawan di lapangan dari hampir semua lini.

Pemain ini juga menjadi andalan Shin Tae-yong, dan menjadi starter dalam 6 dari total 8 pertandingan Timnas Indonesia dalam gelaran Piala AFF 2020.

Tak banyak yang tahu, pemain kelahiran Blora, 21 Desember 2001 itu ternyata bukan berasal dari golongan keluarga berada. Ibunda Arhan, Ibu Surati berjuang membesarkan Arhan dengan bekerja sebagai petani.

Baca juga:

Selain menjadi petani, sebagai pemasukan tambahan, Surati juga berjualan sayuran demi menyokong cita-cita Arhan menjadi pesepakbola profesional. Bahkan, Ibu Surati rela sampai meminjam uang dari orang lain demi bisa membelikan sepatu buat Arhan dan membiayai latihan Arhan di Sekolah Sepak Bola (SSB) Terang Bangsa.

Perjuangan Surati itu pun disorot oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. “Dan mengikuti turnamen untuk mengasah kemampuan Arhan. Hingga akhirnya Arhan masuk PSIS Semarang dan dipanggil Timnas,” tulis Ganjar di akun Instagram-nya pada Minggu (26/12/2021). (Fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: